Jumat, 13 Mei 2016

LAPORAN PKM


LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
(PKM)
PDGK 4209


Description: logo_universitas_terbuka.jpg
 




Disusun oleh :
................................
NIM .......................




Disusun oleh :
WILIS INDAH YULIANA
NIM : 824995695


Pokjar                   :   RAWAPITU
Masa Registrasi   :   2016.1


UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA
BANDAR LAMPUNG
2016



HALAMAN PENGESAHAN


Judul Laporan               :  Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM )
Program Studi              :  S1 PGSD
Nama Mahasiswa         :  WILIS INDAH YULIANA
N IM                           :  824995695
Lokasi PKM                :  SD Negeri 01 Gedung Asri

Laporan Praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) ini telah di periksa dan disahkan pada

Hari                 :  Minggu
Tanggal           :  22 Mei 2016



Mengetahui

Supervisor 2                                                               Supervisor 1


SARJIYO, S.Pd                                                        PAIJO, S.Pd, M.Pd
NIP. 19700312 199602 1 002                                                NIP. 196704181991031006



           







KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat taufik dan hidayah-Nya, sehingga saya selaku Mahasiswa S-1 PGSD Kelompok Belajar Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Eksakta dan Non Eksakta sebagai kelengkapan pelaksanaan ujian praktik PKM yang dilaksanakan di SD Negeri 01 Sumber Agung sesuai dengan panduan yang terdapat pada buku panduan PKM PGSD.
Ujian praktik ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PGSD dan apabila ada kesalahan serta kekurangan dalam penyusunan, saya mohon saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan yang akan datang, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.        UPBJJ-UT Bandar Lampung yang telah menyediakan fasilitas untuk belajar.
2.        Bapak Sukir,S.Pd.SD, selaku Pengelola Universitas Terbuka Pokjar Rawapitu.
3.        Bapak Paijo, S.Pd., M.M, selaku Dosen Pembimbing Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar.
4.        Kedua orang tua yang telah memberi dukungan dan motivasi dalam menempuh pendidikan S1 di UT.
5.        Suami dan anak tercinta yang telah memberi dukungan dan motivasi serta semangat dalam penyusunan Ujian Praktik PKM ini.
6.        Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Ujian Praktik PKM dan tidak mungkin disebutkan satu persatu.
Mahasiswa telah berupaya menyelesaikan penyusunan Ujian Praktik PKM ini dengan sebaik-baiknya. Semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.Amin.

Rawapitu, 15 Mei 2016
Penulis



WILIS INDAH YULIANA




DAFTAR ISI


Halaman Judul
Halaman Pengesahan ..................................................................................................
Kata Pengantar ...........................................................................................................
Daftar Isi.....................................................................................................................
BAB I   :  Pendahuluan.............................................................................................
1.1   Latar Belakang Penulisan Laporan PKM ..........................................................
1.2   Tujuan Pembuatan Laporan PKM .....................................................................
1.3   Manfaat PKM ....................................................................................................
1.4   Gambaran Umum Isi Laporan ...........................................................................
BAB II : Pelaksanaan PKM.....................................................................................
II.1  Tempat dan Waktu Pelaksanaan PKM................................................................
BAB III : Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran.................................................
III.1 Kelemahan-kelemahan .......................................................................................
III.2 Penyebab Kelemahan..........................................................................................
III.3 Kelebihan-kelebihan .......................................................................................
III.4 Penyebab Kelebihan............................................................................................
III.5 Hal-hal Unik Selama Pembelajaran ...................................................................
III.6 Rencana Perbaikan..............................................................................................
BAB IV :  Penutup....................................................................................................
IV.1 Kesimpulan.........................................................................................................
IV.2 Saran....................................................................................................................
Daftar Pustaka ..........................................................................................................
Form Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD ....................................
Lampiran – Lampiran
RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP)
APKG 1
APKG 2
Lembar Obsevasi
Lembar Refleksi 
Jurnal Pembimbingan
Hal

i
ii
iii
1
1
2
2
3
4
4
7
7
7
7
7
7
7
9
9
9
10
11


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Profesi guru dengan pekerjaannya mengajar, tidak akan berarti apa-apa apabila para siswa yang menjadi target pekerjaan seorang guru tidak mengalami perubahan baik dari sikap, perilaku dan keterampilannya. Oleh karena itu, pekerjaan mengajar yang diemban seorang guru bukanlah hal yang mudah apabila dikaitkan dengan tuntutan adanya perubahan positif dari diri siswa. Sehingga pekerjaan mengajar tidak dapat dilakukan profesi guru tanpa adanya proses belajar menjadi guru yang berhasil merubah siswanya menjadi seperti yang diharapkan.
Mengajar pada hakekatnya ialah membelajarkan siswa, dalam arti mendorong dan membimbing siswa belajar. Membelajarkan siswa mengandung maksud agar guru berupaya mengaktifkan siswa belajar. Dengan demikian, di dalam proses pembelajaran guru menggunakan berbagai strategi dan media semata-mata supaya siswa belajar (Sri Anitah W, dkk, 2009:1.3).
Kita semua tahu bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Ada faktor guru,  siswa dengan berbagai karakter, materi dan bahan ajar, metode, komunikasi dan lingkungan sekolah.
Pada tahun 1919 Ki Hajar Dewantara menjadi seorang guru membuatnya mempunyai pengalaman mengajar yang kemudian digunakan untuk mengembangkan konsep bagi sekolah yang akan didirikannya, Pada tahun 1922 Ki Hajar Dewantara mendirikan sebuah sekolah Perguruan Nasional yang menekankan pendidikan rasa kebangsaan kepada pribumi agar mereka mencintai bangsa dan tanah air dan berjuang untuk memperolah kemerdekaan.
Dick dan Carey (1985) mengatakan bahwa suatu strategi pembelajaran, yaitu menjelaskan komponen-komponen umum suatu set bahan pembelajaran dan prosedur-prosedur yang akan digunakan secara bersama-sama untuk menghasilkan hasil belajar pada peserta didik (Robinson Situmorang, dkk, 2006:6.3).
Program pengajaran adalah suatu rencana pelaksanan proses belajar mengajar yang didasarkan atas pertimbangan tujuan yang ingin dicapai, bahan, metode, alat, alokasi waktu dan evaluasi agar siswa menguasai proses belajar dan hasil belajar yang optimal. Peningkatan kualifikasi pendidikan guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan professional mengajar. Guru dalam hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien mengaktifkan siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar, merevisi pembelajaran agar lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan manajerial yang harus dilakukan secara professional. Sebab yang siswa terima dalm pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya (TIM FKIP, 2009:1.3).
Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan keterampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata kuliah, proses pembentukan keterampilan terutama keterampilan mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan keterampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula.

1.2  Tujuan Pembuatan Laporan
Laporan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dengan kata lain, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Mempersiapkan pembelajaran, termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik;
2.      Menyusun rencana pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi dengan tepat;
3.      Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang telah dibuat;
4.      Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya dalam mengajar, melalui refleksi;
5.      Memperbaiki tindak pembelajaran berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya;
6.      Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan moral yang diacunya (TIM FKIP, 2009 : 1.4-1.5).

1.3  Manfaat
Proses pembelajaran PKM ini telah banyak memberikan manfaat bagi guru, siswa dan lembaga.
A.     Manfaat bagi guru adalah :
1.      Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman.
2.      Memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui tindak pengajar yang telah dipraktekkan.
3.      Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
4.      Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran, serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dalam mengajar.
5.      Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
B.     Manfaat bagi siswa adalah :
1.      Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
2.      Dalam kegiatan pembelajaran, mengajar menentukan masa depan peserta belajar sebab apa yang mereka terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
C.     Manfaat bagi lembaga adalah :
1.      Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang telah diperolehnya tersebut, guru diharapkan dapat melakukan unjuk kerja pembelajaran pada jenjang pendidikan persekolahan yang sesuai dengan tugasnya.
2.      Apabila seorang guru yang professional, maka akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas sehingga akan mempengaruhi kualitas lembaga tersebut (TIM FKIP,2009:1.5).

1.4. Gambaran umum isi laporan
           Secara umum laporan ini berisi tentang temuan-temuan yang didapatkan setelah melaksanakan praktek pembelajaran yang berupa kelemahan, kekuatan penulis dalam melaksanakan pembelajaran, faktor-faktor penyebabnya. Serta langkah-langkah yang akan diambil dalam proses pembelajaran selanjutnya agar hasil pembelajaran bisa lebih baik.







BAB II
Pelaksanaan PKM

II.1  Tempat dan Waktu Pelaksanaan PKM
Tempat pelaksanaan ujian praktik PKM dilaksanakan di SD Negeri 01 Gedung Asri, pada tanggal 12 Mei 2016. Dan pelaksanaan PKM 2016 ini adalah di SD Negeri 01 Panca Tunggal Jaya yang dilaksanakan selama 6 hari, dalam 1 hari 2 kali pertemuan. Dimulai dari tanggal 25 April sampai dengan 6 Mei. Dengan agenda pelaksanaan sebagai berikut :

1.      Jadwal Kegiatan PKM
No.
RPP
Kelas
Mapel/Materi
Hari/tanggal
1
RPP 1
IV
PKn/Memahami lembaga eksekutif
Senin,
25April 2016
2
RPP 2
IV
PKn/Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat
Selasa,
26 April 2016
3
RPP 3
IV
Bahasa Indonesia/Menulis pengumuman
Rabu,
27 April 2016
4
RPP 4
IV
Bahasa Indonesia/Menyusun kalimat acak
Kamis,
28 April 2016
5
RPP 5
IV
Matematika/Mengenal lambang bilangan Romawi
Jumat,
29 April 2016
6
RPP 6
IV
Matematika/Menulis lambang bilangan Romawi
Sabtu,
30 April 2016
7
RPP 7
IV
Ilmu pengetahuan Alam/Sumber Daya Alam
Selasa,
3 Mei 2016
8
RPP 8
IV
Ilmu Pengetahuan Alam/Sumber Daya Alam
Rabu,
4 Mei 2016
9
RPP 9
IV
Ilmu Pengetahuan Sosial/Koperasi
Kamis,
5 Mei 2016
10
RPP 10
IV
Ilmu Pengetahuan Sosial/Teknologi  produksi
Jumat,
6 Mei 2016
11
RPP 11
III
Matematika/Menghitung Luas Bangun datar
Selasa,
10 Mei 2016
12
RPP 12
III
Bahasa Indonesia/Menulis drama
Kamis,
12 Mei 2016

Tabel.1
Rincian kegiatan praktik mandiri PKM


   2. Jadwal Acara Kegiatan PKM
No
Hari/tanggal
Praktekmengajar
Acara
1
Senin,
25April 2016
RPP 1
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

2
Selasa,
26 April 2016

RPP 2
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

3
Rabu,
27 April 2016

RPP 3
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

4
Kamis,
28 April 2016

RPP 4
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

5
Jumat,
29 April 2016

RPP 5
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

6
Sabtu,
30 April 2016

RPP 6
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

7
Selasa,
3 Mei 2016

RPP 7
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

8
Rabu,
4 Mei 2016

RPP 8
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

9
Kamis,
5 Mei 2016

RPP 9
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

10
Jumat,
6 Mei 2016

RPP 10
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan Supervisor 2.

Tabel.2
Rincian Jadwal praktik mandiri PKM




















BAB III
TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN

III.1     Kelemahan-kelemahan
       Masih banyak kelemahan-kelemahan yang saya dapati saat melaksanakan pembelajaran, diantaranya :
ü  Siswa kurang mampu menguasai kemampuan dengan baik.
ü  Siswa kurang memahami penjelasan dari guru.
ü  Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal.

III.2     Penyebab Kelemahan
Metode yang saya gunakan kurang bervariasi, media pembelajaran kurang lengkap, dan kurang mampu memotivasi siswa untuk belajar secara efektif. Adanya siswa yang kurang atau lamban dalam belajar serta latar belakang yang berbeda.

III.3     Kelebihan-Kelebihan
Sebagian besar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang saya harapkan.

III.4     Penyebab Kelebihan
Meskipun metode dan media pembelajaran yang saya gunakan kurang tepat namun saya mencoba untuk mengembangkan kemampuan secara optimal dan menjelaskan pelajaran sejelas mungkin kepada siswa. Selain itu siswa didukung adanya sumber belajar yang lebih lengkap di luar sekolah untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman,  seperti : surat kabar, program televise, internet, dan sebagainya.

III.5     Hal-Hal Unik Selama Pembelajaran
o   Siswa lebih suka menggambar.
o   Siswa lebih suka menyanyi
o   Siswa lebih suka mengobrol dengan temannya
o   Siswa lebih antusias dengan metode pembelajaran demonstrasi

III.6     Rencana Perbaikan
Memperhatikan siswa ketika pembelajaran berlangsung atau penguasaan kelas secara maksimal;
o   Menggunakan metode yang lebih tepat dan memotivasi siswa dalam belajar;
o   Melatih siswa dan mengarahkannya sehingga kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran lebih efektif atau sesuai sasaran;
o   Pembaharuan pembelajaran yang diterapkan di SD yakni pembelajaran aktif, inovatif,  kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) (Wardani, dkk, 2009 : 10.17)





























BAB IV
PENUTUP

IV.1 Kesimpulan

Pada saat melaksanakan pembelajaran, masih banyak kelemahan-kelemahan (penyebab kelemahan) dan kelebihan-kelebihan (penyebab kelebihan) diantaranya adalah : metode, media, pengelolaan kelas dan sebagainya yang akan mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran bagi guru, siswa dan lembaga.

IV.2 Saran

Secara garis besar hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan sebaiknya  :
1.      Guru lebih memperhatikan kegiatan pembelajaran agar pencapaian penguasaan materi pelajaran lebih baik lagi.
2.      Penerapan metode yang digunakan harus bervariasi, sehingga akan memotivasi siswa lebih aktif lagi dalam pembelajaran di kelas.
3.      Siswa yang kurang atau lamban dalam belajar, harus banyak berlatih dan diberi bimbingan khusus sehingga dapat mengejar kekurangan-kekurangannya.
















DAFTAR PUSTAKA

§  Anitah W,  Sri, dkk,  2009, Strategi Pembelajaran di SD, Universitas Terbuka, Jakarta.

§  IG.A.K. Wardani, dkk, 2009, Perspektif Pendidikan SD, Universitas Terbuka, Jakarta.

§  Situmorang, Robinson, dkk, 2006, Desain Pembelajaran, Universitas Terbuka, Jakarta.

§  TIM  FKIP, 2009, Pemantapan Kemampuan Mengajar PKM PGSD, Universitas Terbuka, Jakarta.























KELENGKAPAN BERKAS
TUGAS PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR

Kode Mata Kuliah        :PDGK 4209
Nama Mahasiswa         :WILIS INDAH YULIANA
NIM                            :824995695
UPBJJ                          :BANDAR LAMPUNG
Masa Ujian                   :2016.1

NO
JENIS BERKAS
KELENGKAPAN
JUMLAH
JUMLAH YANG HARUS DIPENUHI MAHASISWA
1
RP
10
10
2
LembarPengamatan/Observasi
10
10
3
LembarRefleksi
10
10


                 Panca Tunggal Jaya, 22 Mei 2016
Mengetahui
Kepala SD Negeri 01 Panca Tunggal Jaya



JOHAN AMRI,A.Ma.Pd
NIP.1969066 199408 1 001

Mahasiswa/Guru Praktik



WILIS INDAH YULIANA
NIM.824995695



Tidak ada komentar:

Posting Komentar