
LAPORAN
PEMANTAPAN
KEMAMPUAN MENGAJAR
(PKM)
PDGK 4209
![]() |
Disusun oleh
:
................................
NIM
.......................
Disusun oleh :
WILIS INDAH YULIANA
NIM : 824995695
Pokjar :
RAWAPITU
Masa Registrasi : 2016.1
UNIT PROGRAM
BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS
TERBUKA
BANDAR
LAMPUNG
2016
HALAMAN PENGESAHAN
Judul
Laporan :
Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM )
Program
Studi :
S1 PGSD
Nama
Mahasiswa : WILIS INDAH YULIANA
N
IM :
824995695
Lokasi
PKM : SD Negeri 01 Gedung Asri
Laporan
Praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) ini telah di periksa dan disahkan
pada
Hari : Minggu
Tanggal : 22
Mei 2016
Mengetahui
Supervisor 2 Supervisor
1
SARJIYO, S.Pd PAIJO, S.Pd, M.Pd
NIP. 19700312
199602 1 002 NIP. 196704181991031006
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat taufik dan hidayah-Nya, sehingga saya
selaku Mahasiswa S-1 PGSD Kelompok Belajar Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang
dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Eksakta dan Non Eksakta
sebagai kelengkapan pelaksanaan ujian praktik PKM yang dilaksanakan di SD
Negeri 01 Sumber Agung sesuai dengan panduan yang terdapat pada buku panduan
PKM PGSD.
Ujian praktik ini
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar
(PKM) PGSD dan apabila ada kesalahan serta kekurangan dalam penyusunan, saya
mohon saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan yang akan datang, pada
kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.
UPBJJ-UT Bandar Lampung yang telah
menyediakan fasilitas untuk belajar.
2.
Bapak Sukir,S.Pd.SD, selaku Pengelola
Universitas Terbuka Pokjar Rawapitu.
3.
Bapak Paijo, S.Pd., M.M, selaku Dosen
Pembimbing Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar.
4.
Kedua orang tua yang telah memberi
dukungan dan motivasi dalam menempuh pendidikan S1 di UT.
5.
Suami dan anak tercinta yang telah
memberi dukungan dan motivasi serta semangat dalam penyusunan Ujian Praktik PKM
ini.
6.
Semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan Ujian Praktik PKM dan tidak mungkin disebutkan satu persatu.
Mahasiswa telah
berupaya menyelesaikan penyusunan Ujian Praktik PKM ini dengan sebaik-baiknya.
Semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.Amin.
Rawapitu, 15 Mei 2016
Penulis
WILIS INDAH YULIANA
DAFTAR ISI
|
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
..................................................................................................
Kata Pengantar
...........................................................................................................
Daftar
Isi.....................................................................................................................
BAB I : Pendahuluan.............................................................................................
1.1 Latar Belakang Penulisan Laporan PKM
..........................................................
1.2 Tujuan Pembuatan Laporan PKM
.....................................................................
1.3 Manfaat PKM
....................................................................................................
1.4 Gambaran Umum Isi Laporan
...........................................................................
BAB II : Pelaksanaan PKM.....................................................................................
II.1 Tempat dan Waktu Pelaksanaan
PKM................................................................
BAB III : Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran.................................................
III.1
Kelemahan-kelemahan
.......................................................................................
III.2 Penyebab
Kelemahan..........................................................................................
III.3
Kelebihan-kelebihan ….......................................................................................
III.4 Penyebab
Kelebihan............................................................................................
III.5 Hal-hal Unik Selama
Pembelajaran
...................................................................
III.6 Rencana
Perbaikan..............................................................................................
BAB IV : Penutup....................................................................................................
IV.1
Kesimpulan.........................................................................................................
IV.2
Saran....................................................................................................................
Daftar Pustaka
..........................................................................................................
Form Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD ....................................
RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP)
APKG 1
APKG 2
Lembar Obsevasi
Lembar Refleksi
Jurnal Pembimbingan
|
Hal
i
ii
iii
1
1
2
2
3
4
4
7
7
7
7
7
7
7
9
9
9
10
11
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Profesi guru dengan pekerjaannya
mengajar, tidak akan berarti apa-apa apabila para siswa yang menjadi target
pekerjaan seorang guru tidak mengalami perubahan baik dari sikap, perilaku dan
keterampilannya. Oleh karena itu, pekerjaan mengajar yang diemban seorang guru
bukanlah hal yang mudah apabila dikaitkan dengan tuntutan adanya perubahan
positif dari diri siswa. Sehingga pekerjaan mengajar tidak dapat dilakukan
profesi guru tanpa adanya proses belajar menjadi guru yang berhasil merubah
siswanya menjadi seperti yang diharapkan.
Mengajar pada hakekatnya ialah
membelajarkan siswa, dalam arti mendorong dan membimbing siswa belajar.
Membelajarkan siswa mengandung maksud agar guru berupaya mengaktifkan siswa
belajar. Dengan demikian, di dalam proses pembelajaran guru menggunakan
berbagai strategi dan media semata-mata supaya siswa belajar (Sri Anitah W,
dkk, 2009:1.3).
Kita semua tahu bahwa banyak faktor
yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Ada faktor guru, siswa dengan berbagai karakter, materi dan
bahan ajar, metode, komunikasi dan lingkungan sekolah.
Pada tahun 1919 Ki Hajar Dewantara
menjadi seorang guru membuatnya mempunyai pengalaman mengajar yang kemudian
digunakan untuk mengembangkan konsep bagi sekolah yang akan didirikannya, Pada
tahun 1922 Ki Hajar Dewantara mendirikan sebuah sekolah Perguruan Nasional yang
menekankan pendidikan rasa kebangsaan kepada pribumi agar mereka mencintai
bangsa dan tanah air dan berjuang untuk memperolah kemerdekaan.
Dick dan Carey (1985) mengatakan
bahwa suatu strategi pembelajaran, yaitu menjelaskan komponen-komponen umum
suatu set bahan pembelajaran dan prosedur-prosedur yang akan digunakan secara
bersama-sama untuk menghasilkan hasil belajar pada peserta didik (Robinson
Situmorang, dkk, 2006:6.3).
Program pengajaran adalah suatu
rencana pelaksanan proses belajar mengajar yang didasarkan atas pertimbangan
tujuan yang ingin dicapai, bahan, metode, alat, alokasi waktu dan evaluasi agar
siswa menguasai proses belajar dan hasil belajar yang optimal. Peningkatan
kualifikasi pendidikan guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan
professional mengajar. Guru dalam hal ini sangat penting dilakukan mengingat
profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Dalam mengajar
terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang
harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien mengaktifkan
siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar, merevisi pembelajaran agar
lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan manajerial yang harus dilakukan
secara professional. Sebab yang siswa terima dalm pembelajaran dapat
mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya (TIM
FKIP, 2009:1.3).
Peningkatan kemampuan mengajar
merupakan suatu proses pembentukan keterampilan yang dilandasi oleh pengetahuan,
keterampilan, dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh
berbagai mata kuliah, proses pembentukan keterampilan terutama keterampilan
mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan
keterampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula.
1.2
Tujuan Pembuatan Laporan
Laporan PKM ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran secara efektif dan efisien. Dengan kata lain, mahasiswa diharapkan
memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Mempersiapkan
pembelajaran, termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta
didik;
2.
Menyusun rencana pembelajaran dengan menerapkan
prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi dengan tepat;
3.
Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan
mengacu pada rencana pembelajaran yang telah dibuat;
4.
Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya dalam
mengajar, melalui refleksi;
5.
Memperbaiki tindak pembelajaran berikutnya dengan
memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya;
6.
Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak
pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan moral yang
diacunya (TIM FKIP, 2009 : 1.4-1.5).
1.3
Manfaat
Proses pembelajaran PKM ini telah banyak
memberikan manfaat bagi guru, siswa dan lembaga.
A. Manfaat bagi
guru adalah :
1. Memiliki
pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman.
2. Memperoleh
pengetahuan dan pengalaman melalui tindak pengajar yang telah dipraktekkan.
3. Menjadikan
kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
4. Mempunyai
kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan
melakukan pembelajaran, serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki
kekurangannya dalam mengajar.
5. Terbiasa
mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan
kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
B. Manfaat bagi
siswa adalah :
1. Menjadikan
kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang.
2. Dalam
kegiatan pembelajaran, mengajar menentukan masa depan peserta belajar sebab apa
yang mereka terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan
perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
C. Manfaat bagi
lembaga adalah :
1. Berbekal
pengetahuan dan pengalaman yang telah diperolehnya tersebut, guru diharapkan
dapat melakukan unjuk kerja pembelajaran pada jenjang pendidikan persekolahan
yang sesuai dengan tugasnya.
2. Apabila
seorang guru yang professional, maka akan menghasilkan peserta didik yang
berkualitas sehingga akan mempengaruhi kualitas lembaga tersebut (TIM
FKIP,2009:1.5).
1.4. Gambaran umum isi laporan
Secara umum laporan ini berisi tentang temuan-temuan yang didapatkan setelah
melaksanakan praktek pembelajaran yang berupa kelemahan, kekuatan penulis dalam
melaksanakan pembelajaran, faktor-faktor penyebabnya. Serta langkah-langkah
yang akan diambil dalam proses pembelajaran selanjutnya agar hasil pembelajaran
bisa lebih baik.
BAB II
Pelaksanaan PKM
II.1 Tempat dan Waktu
Pelaksanaan PKM
Tempat pelaksanaan
ujian praktik PKM dilaksanakan di SD Negeri 01 Gedung Asri, pada tanggal 12 Mei
2016. Dan pelaksanaan PKM 2016 ini adalah di SD Negeri 01 Panca Tunggal Jaya
yang dilaksanakan selama 6 hari, dalam 1 hari 2 kali pertemuan. Dimulai dari
tanggal 25 April sampai dengan 6 Mei. Dengan agenda pelaksanaan
sebagai berikut :
1.
Jadwal Kegiatan PKM
|
No.
|
RPP
|
Kelas
|
Mapel/Materi
|
Hari/tanggal
|
|
1
|
RPP 1
|
IV
|
PKn/Memahami
lembaga eksekutif
|
Senin,
25April
2016
|
|
2
|
RPP 2
|
IV
|
PKn/Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat
|
Selasa,
26 April
2016
|
|
3
|
RPP 3
|
IV
|
Bahasa
Indonesia/Menulis pengumuman
|
Rabu,
27 April
2016
|
|
4
|
RPP 4
|
IV
|
Bahasa
Indonesia/Menyusun kalimat acak
|
Kamis,
28 April
2016
|
|
5
|
RPP 5
|
IV
|
Matematika/Mengenal
lambang bilangan Romawi
|
Jumat,
29 April 2016
|
|
6
|
RPP 6
|
IV
|
Matematika/Menulis
lambang bilangan Romawi
|
Sabtu,
30 April
2016
|
|
7
|
RPP 7
|
IV
|
Ilmu
pengetahuan Alam/Sumber Daya Alam
|
Selasa,
3 Mei 2016
|
|
8
|
RPP 8
|
IV
|
Ilmu
Pengetahuan Alam/Sumber Daya Alam
|
Rabu,
4 Mei 2016
|
|
9
|
RPP 9
|
IV
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial/Koperasi
|
Kamis,
5 Mei 2016
|
|
10
|
RPP 10
|
IV
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial/Teknologi produksi
|
Jumat,
6 Mei 2016
|
|
11
|
RPP 11
|
III
|
Matematika/Menghitung
Luas Bangun datar
|
Selasa,
10 Mei
2016
|
|
12
|
RPP 12
|
III
|
Bahasa
Indonesia/Menulis drama
|
Kamis,
12 Mei
2016
|
Tabel.1
Rincian kegiatan praktik mandiri PKM
2. Jadwal Acara Kegiatan PKM
|
No
|
Hari/tanggal
|
Praktekmengajar
|
Acara
|
|
1
|
Senin,
25April
2016
|
RPP 1
|
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
2 |
Selasa,
26 April
2016
|
RPP 2 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
3 |
Rabu,
27 April
2016
|
RPP 3 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
4 |
Kamis,
28 April
2016
|
RPP 4 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
5 |
Jumat,
29 April
2016
|
RPP 5 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
6 |
Sabtu,
30 April
2016
|
RPP 6 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
7 |
Selasa,
3 Mei 2016
|
RPP 7 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
8 |
Rabu,
4 Mei 2016
|
RPP 8 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
9 |
Kamis,
5 Mei 2016
|
RPP 9 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
|
10 |
Jumat,
6 Mei 2016
|
RPP 10 |
Mahasiswa melaksanakan PKM di SD Negeri 01Panca Tunggal Jaya, dengan
Supervisor 2.
|
Tabel.2
Rincian Jadwal praktik mandiri PKM
BAB III
TEMUAN-TEMUAN
DALAM PEMBELAJARAN
III.1
Kelemahan-kelemahan
Masih banyak kelemahan-kelemahan yang
saya dapati saat melaksanakan pembelajaran, diantaranya :
ü Siswa kurang
mampu menguasai kemampuan dengan baik.
ü Siswa kurang
memahami penjelasan dari guru.
ü Siswa kurang
mampu melaksanakan tugas secara optimal.
III.2 Penyebab Kelemahan
Metode yang saya gunakan kurang
bervariasi, media pembelajaran kurang lengkap, dan kurang mampu memotivasi
siswa untuk belajar secara efektif. Adanya siswa yang kurang atau lamban dalam
belajar serta latar belakang yang berbeda.
III.3 Kelebihan-Kelebihan
Sebagian besar siswa dapat mencapai
tujuan pembelajaran yang saya harapkan.
III.4 Penyebab Kelebihan
Meskipun metode dan media
pembelajaran yang saya gunakan kurang tepat namun saya mencoba untuk
mengembangkan kemampuan secara optimal dan menjelaskan pelajaran sejelas
mungkin kepada siswa. Selain itu siswa didukung adanya sumber belajar yang
lebih lengkap di luar sekolah untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan
pengalaman, seperti : surat kabar,
program televise, internet, dan sebagainya.
III.5 Hal-Hal Unik Selama
Pembelajaran
o Siswa lebih
suka menggambar.
o Siswa lebih
suka menyanyi
o Siswa lebih
suka mengobrol dengan temannya
o Siswa lebih
antusias dengan metode pembelajaran demonstrasi
III.6 Rencana Perbaikan
Memperhatikan
siswa ketika pembelajaran berlangsung atau penguasaan kelas secara maksimal;
o Menggunakan
metode yang lebih tepat dan memotivasi siswa dalam belajar;
o Melatih
siswa dan mengarahkannya sehingga kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran
lebih efektif atau sesuai sasaran;
o Pembaharuan
pembelajaran yang diterapkan di SD yakni pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM)
(Wardani, dkk, 2009 : 10.17)
BAB IV
PENUTUP
IV.1
Kesimpulan
Pada saat melaksanakan
pembelajaran, masih banyak kelemahan-kelemahan (penyebab kelemahan) dan
kelebihan-kelebihan (penyebab kelebihan) diantaranya adalah : metode, media,
pengelolaan kelas dan sebagainya yang akan mempengaruhi proses dan hasil
pembelajaran bagi guru, siswa dan lembaga.
IV.2 Saran
Secara garis
besar hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan sebaiknya :
1.
Guru lebih memperhatikan kegiatan pembelajaran agar
pencapaian penguasaan materi pelajaran lebih baik lagi.
2.
Penerapan metode yang digunakan harus bervariasi,
sehingga akan memotivasi siswa lebih aktif lagi dalam pembelajaran di kelas.
3.
Siswa yang kurang atau lamban dalam belajar, harus
banyak berlatih dan diberi bimbingan khusus sehingga dapat mengejar
kekurangan-kekurangannya.
DAFTAR
PUSTAKA
§ Anitah
W, Sri, dkk, 2009, Strategi
Pembelajaran di SD, Universitas Terbuka, Jakarta.
§ IG.A.K.
Wardani, dkk, 2009, Perspektif Pendidikan
SD, Universitas Terbuka, Jakarta.
§ Situmorang,
Robinson, dkk, 2006, Desain Pembelajaran,
Universitas Terbuka, Jakarta.
§ TIM FKIP, 2009, Pemantapan Kemampuan Mengajar PKM PGSD, Universitas Terbuka,
Jakarta.
KELENGKAPAN BERKAS
TUGAS PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Kode Mata Kuliah :PDGK 4209
Nama Mahasiswa :WILIS
INDAH YULIANA
NIM :824995695
UPBJJ :BANDAR LAMPUNG
Masa Ujian :2016.1
|
NO
|
JENIS BERKAS
|
KELENGKAPAN
|
|
|
JUMLAH
|
JUMLAH YANG HARUS DIPENUHI MAHASISWA
|
||
|
1
|
RP
|
10
|
10
|
|
2
|
LembarPengamatan/Observasi
|
10
|
10
|
|
3
|
LembarRefleksi
|
10
|
10
|
Panca
Tunggal Jaya, 22 Mei 2016
|
Mengetahui
Kepala SD Negeri 01 Panca Tunggal
Jaya
JOHAN
AMRI,A.Ma.Pd
NIP.1969066 199408 1 001
|
Mahasiswa/Guru Praktik
WILIS
INDAH YULIANA
NIM.824995695
|

Tidak ada komentar:
Posting Komentar